Sandiaga Uno Siapkan Digital Platform Bisnis Bagi Pelaku Ekraf Jawa Tengah

- Pewarta

Sabtu, 12 Maret 2022 - 20:24 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BISNIS NEWS – Kementerian pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menggelar Kajian ekonomi.

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Dengan mengusung tema Kolaborasi Local Champion sukses membawa produl desa ke pasar nasional dan global, yang bertujuan untuk menyerap tenaga kerja lokal.

Untuk kali ini, kajian ekonomi bekerja sama dengan beberapa penggerak usaha di wilayah Banjarnegara, Jawa Tengah terutama untuk para pembuat tepung Mocaf yang berasal dengan bahan baku utama singkong.

Dalam kajian ini, Menparekraf, Sandiaga Uno bertindak sebagai moderator dan yang bertindak sebagai narasumber yaitu Riza Azyumarridha Azra, Ketua Gemawira Banjaregara dan Founder Mocafine, Rumah Mocaf Indonesia.

Kemudian M. Nurkolis Ketua Petani Milenial Banjarnegara, Luthfi Ahmad Fachresy, Ketua Rumah Kreatif Banjarnegara.

Menurut Riza, kolaborasi ini bertujuan untuk mondorong bangkitnya dan suksesnya produk-produk UMKM di Jawa Tengah.

Khususnya di Banjarnegara dan Kabupaten sekitar nya sudah dapat di terima pasar nasional dan global serta penciptaan lapangan kerja yang cepat dan luas.

“Kolaborasi dengan petani milenial dilakukan dengan memberikan pelatihan dan pendampingan cara menanam singkong yang sesuai dengan spesifikasi dan mutu yang telah di tetapkan oleh Rumah Mocaf.”

“Serta bersama Gemawira memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para petani dalam proses menanam hingga panen untuk dapat menghasilkan singkong yang berkualitas.”

“Yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh rumah Mocaf dalam proses penanaman hingga panen ini melibatkan hampir 1.000 orang petani,” jelas Riza.

Untuk itu bersama Gemawira Petani Milenial memberikan pendampingan dan pelatihan kepada para ibu-ibu petani yang diberdayakan.

Mulai dari bagaimana memproses singkong dari mengupas, mencuci, memotong singkong hasil panen menjadi siap untuk di proses oleh mesin pembuat tepung mocaf.

“Sejalan untuk membuka lapangan kerja, Rumah mocaf sendiri memberikan kesempatan pada para UMKM bersama Ruang UKM yang berlokasi di rumah kreatif tersebut.

“Untuk memberikan pelatihan, pendampingan dan pembinaan kepada komunitas yang terlibat dalam membuat produk tununan dari tepung Mocaf.”

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

“Seperti: mie instant, kue kering, kripik, gula cair, dimana pelaku UMKM yang terlibat di dalam membuat produk turunan dari tepung Mocaf ini dan UMKM lain sebanjarnegara yg tergabung di ruang ukm sebanyak 450 Pelaku Ekraf UMKM,” tambahnya.

Selain itu, peran dari Rumah Kreatif/Pojok Gotong Royong Banjarnegara yang juga merupakan binaan Gemawira juga memberikan jasa desain, penyediaan kemasan maupun printing kemasan.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Di pasar global tepung Mocaf sangat diminati karena glutten free dan healthy food.

Beberapa kali tepung Mocaf pameran Original Food di luar negeri seperti, Singapura, Malaysia, Belanda, Belgia, Itali, Turki dan pada akhir Maret ini akan pameran di California dan Las Vegas Amerika.

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Sedang untuk ekspor sudah ke Inggris, Malaysia, Belanda, Oman, Dubai dan sedang dalam proses eksport ke beberapa negara Eropa dan dan Amerika.

infoekbis

Dalam memperkuat manajemen UMKM dan lebih mendorong percepatan bangkit pasca pandemi dan sukses nya UMKM di Jawa Tengah maka Gemawira sebagai Gerakan yang berbasis kewirausahaan masyarakat akan selalu membantu

Dengan cara menyiapkan fasilitas untuk pelaku UMKM dari hulu ke hilir diantara nya dengan menyiapkan platform digital bisnis dalam memudahkan pemasaran dan tata kelola keuangan.

Menurut Sandiaga Uno ekosistem usaha ini dapat menjadi ketahanan pangan Indonesia.

“Ini zero waste dan silkuler ekonomi, yang menarik bahwa ini (produk) yang banyak dicari, gluten free dan bisa menjadi ketahanan pangan kita (Indonesia) ya” ujar Sandiaga Uno.

Tidak hanya itu, Sandiaga Uno sebagai moderator juga memberikan tips untuk peluang bisnis.

Menurutnya, kesempatan tidak datang berulang-ulang hanya sekali. Sandiaga menilai Indonesia terlalu sering mengimpor gandum dan sudah saatnya untuk mengolah produk sendiri.

“Saya ingin mendorong kita semua untuk berani mengambil risiko” ujar Sandiaga Uno, agar orang yang mau berbisnis selalu mengambil kesempatan dan berani berhadapan dengan risiko.

Diakhir Kajian Ekonomi ini dilakukan penandatangan MOU kerjasama antara Gemawira dengan Evermost platform digital marketing, Mesin Qasir.id platform digital pelaporan keuangan, Alami, platfom Fintech untuk permodalan.***

Berita Terkait

Beban Pelaku UMKM Semakin Berat Saat Eskalasi Geopolitik Meningkat, Ekonom Beri Penjelasan
Termasuk Fasilitas Menjalankan Bisnis, BNI Xpora Dukung UMKM Ekspor ke Eropa, Jepang dan Amerika
Doremindo Agency (DO’A) Tetap Setia Melayani Jasa Pasang Iklan di Koran dan Media Cetak
Sunarso Ungkap Keberhasilan Virtual BRILIANPRENEUR di Tengah Pandemi
Ninja Biz: Platform Unggul untuk Pengiriman UMKM
Transformasi BUMN Bawa Holding Ultra Mikro BRI – Pegadaian – PNM Kian Berkembang, Layani 36 Juta Pelaku Usaha
Holding Ultra Mikro Luncurkan Aplikasi SenyuM Mobile Dalam Rangka Menyambut Bulan Inklusi Keuangan
Berkarya dan Menginspirasi Wanita, Inilah Kisah Sukses Klaster Usaha Binaan BRI, Kerajinan Rajut Berkah Jaya
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Minggu, 21 April 2024 - 11:14 WIB

Beban Pelaku UMKM Semakin Berat Saat Eskalasi Geopolitik Meningkat, Ekonom Beri Penjelasan

Selasa, 9 Januari 2024 - 14:40 WIB

Termasuk Fasilitas Menjalankan Bisnis, BNI Xpora Dukung UMKM Ekspor ke Eropa, Jepang dan Amerika

Selasa, 19 Desember 2023 - 23:17 WIB

Doremindo Agency (DO’A) Tetap Setia Melayani Jasa Pasang Iklan di Koran dan Media Cetak

Kamis, 7 Desember 2023 - 20:23 WIB

Sunarso Ungkap Keberhasilan Virtual BRILIANPRENEUR di Tengah Pandemi

Rabu, 11 Oktober 2023 - 19:38 WIB

Ninja Biz: Platform Unggul untuk Pengiriman UMKM

Rabu, 11 Oktober 2023 - 11:40 WIB

Transformasi BUMN Bawa Holding Ultra Mikro BRI – Pegadaian – PNM Kian Berkembang, Layani 36 Juta Pelaku Usaha

Selasa, 10 Oktober 2023 - 17:21 WIB

Holding Ultra Mikro Luncurkan Aplikasi SenyuM Mobile Dalam Rangka Menyambut Bulan Inklusi Keuangan

Selasa, 10 Oktober 2023 - 14:40 WIB

Berkarya dan Menginspirasi Wanita, Inilah Kisah Sukses Klaster Usaha Binaan BRI, Kerajinan Rajut Berkah Jaya

Berita Terbaru