BISNISNEWS.COM – PT Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) bersama PT Rolas Nusantara Mandiri (PT RNM) melalui brand Java Coffee dan Rollaas, turut memeriahkan side event yang merupakan bagian dari rangkaian KTT G20.

Dalam rangka pelaksanaan rangkaian kegiatan Leader Summit G20 Presidensi Indonesia khususnya pada side event “Enabling Inclusive Development through South-South and Triangular Cooperation” yang berlangsung pada 16 November 2022.

PTPN XII sebagai anak perusahaan BUMN yang bergerak di bidang perkebunan dipercaya menjadi salah satu exhibitor dalam Pameran Side Event G20 Kolaborasi Bappenas-IsDB.

“Kami menyambut kesempatan emas ini dengan bangga, PTPN XII bersama PT RN Mandiri sebagai salah satu exhibitor pada side event G20 ini membawa beberapa macam produk kopi dan teh unggulan untuk diperkenalkan kepada para pengunjung sebagai sarana edukasi serta menciptakan jejaring baru dari dalam maupun luar negeri”, ungkap Yongki Artha Wijaya, Direktur PT Rolas Nusantara Mandiri yang juga menjadi perwakilan PTPN XII pada side event G20.

Nurul Rizka Esbahtiari, Kepala Sub Bagian Pemasaran Kopi, Teh dan Tanaman Semusim PTPN XII menambahkan, acara ini merupakan sebuah pameran untuk wadah promosi produk atau jasa serta keahlian Indonesia, sekaligus mendorong jejaring melalui kerja sama pembangunan internasional.

Terlebih lagi, kesempatan ini merupakan bagian dari rangkaian KTT G20, yang tak hanya melibatkan Indonesia tetapi juga negara-negara anggota G20 lainnya.

“Di pameran side event G20 ini, kita fokus pada memperluas networking dan customer education tentang produk unggulan PTPN XII. Lebih jauh lagi.”

“Makin banyak kerja sama dengan negara anggota G20 untuk meningkatkan penjualan ekspor kopi dan teh dari Indonesia khususnya PTPN XII”, tambah Kaka saat turut memamerkan produk Java Coffee di booth milik PTPN XII.

Dalam kesempatan tersebut, tampak mengunjungi booth PTPN XII antara lain Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa beserta tim, serta pejabat dari Islamic Development Bank, Mr. Ahmed.

PTPN XII juga menyediakan minuman kopi gratis bagi para pengunjung pameran yang ingin merasakan cita rasa khas kopi specialty milik PTPN XII.

Tak sekadar hadir dalam pameran ini, di tahun yang sama PTPN XII juga mengikuti pameran luar negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN dan Roemah Indonesia BV di Amsterdam, Belanda pada awal September lalu.

Dalam kesempatan itu, produk kopi PTPN XII yang tergabung dalam PMO Kopi Nusantara mendapatkan orderan langsung dari para importir di wilayah Belanda dan sekitarnya, dengan langsung dilakukan penandatanganan kontrak kerja sama pembelian kopi senilai US$ 260.000.

Selanjutnya PTPN XII berharap dapat diundang atau mengikuti berbagai macam pameran – pameran produk nusantara yang digelar baik di dalam maupun luar negeri.

Hal itu dilakukan agar produk kopi asli Indonesia dapat dikenal lebih luas lagi dan mendunia, khususnya kopi dengan brand Java Coffee dan Rollaas milik PTPN XII.

“Harapannya, mereka mengenal produk kita, mengetahui mutu produk specialty dan suatu saat mereka bisa membeli.”

“Atau paling tidak mereka bisa menceritakan pengalaman mencicipi Java Coffee ke keluarga dan kerabatnya”, pungkas Kaka.***

Klik Google News untuk mengetahui aneka berita dan informasi dari editor Bisnisnews.com, semoga bermanfaat.