Dilanda Stres Bekerja? 5 Tips Ini Bantu Anda Kembali Semangat!

0
30

Liputan6.com, Jakarta – Selain mencetak prestasi ketika bekerja, mengelola stres juga merupakan suatu kemampuan khusus yang harus Anda kuasai. Dengan pengelolaan stres yang baik, Anda dapat mengukur sejauh mana diri Anda mampu menyesuaikan dengan beban pekerjaan di kantor. Lantaran, tak sedikit orang saat ini yang mudah stres dan tergiur membagi kehidupan kantornya di ranah publik seperti sosial media.

Meski hidup di era terbuka, Anda juga harus mampu mengelola semunya secara baik dan profesional. Selain itu, penting rasanya untuk Anda dapat membangun komunikasi, baik itu dengan rekan sejawat di kantor maupun dengan berbagai atasan saat Anda bekerja.

Melansir dari CNBC, setidaknya ada 5 tips bagi Anda untuk mengelola kejenuhan Anda menjadi produktif dan tidak berdampak buruk bagi orang lain. Berikut penjelasan detailnya:

1. Keluar dari Ruangan

Di dalam pekerjaan, normal rasanya jika sesuatu tidak berjalan seperti yang diharapkan. Sebagai orang yang pintar, Anda harus jeli melihat situasi-situasi seperti ini di saat menyerang Anda ketika bekerja.

Cobalah untuk keluar sesaat dari ruangan dan tarik napas dalam-dalam. Perhatikan solusi apa yang Anda bisa kontribusikan dan tetap fokus pada tujuan utama Anda ketika bekerja.

2. Menghabiskan Waktu di Alam

Dengan banyaknya beban pekerjaan dewasa ini, kerap kali kita terjebak pada rutinitas yang itu-itu saja dan hanya terfokus pada gadget di tangan. Padahal, paparan screen pada layar ponsel yang berlebih justru berdampak buruk pada kesehatan kita masing-masing.

Salah satu studi menyebutkan, berjalan di luar kantor atau alam sekitar 20-30 menit dapat meningkatkan mood untuk bekerja. Selain itu, berjalan juga dapat mengurangi stres Anda pada dunia pekerjaan Anda. Oleh karena itu, cobalah sesekali inisiatif mengajak teman Anda berjalan di luar kantor untuk makan siang atau berjalan sebentar untuk mencari inspirasi baru.

3. Olahraga

Studi dari Harvard mengungkapkan bahwa olahraga sehari-hari dapat memperpanjang umur Anda hingga 10 tahun lamanya. Selain itu, kita juga mengetahui bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk mengurangi stres di tempat bekerja.

Jika Anda tidak mampu membuat jadwal 15 hingga 30 menit per harinya untuk berolahraga, cobalah melakukan gerakan-gerakan sederhana seperti bangun dari kursi kantor atau melakukan gerakan pemanasan lainnya di tempat kerja.

4.  Buat Prioritas Orang Terpenting di Hidup Anda

Merupakan hal penting untuk menjaga hubungan Anda dengan orang-orang yang kalian anggap penting di hidup Anda. Tidak dalam bentuk email atau sms, melainkan dengan kontak fisik yakni bertemu secara langsung. Studi menyebutkan bahwa hubungan yang dekat dapat memperkuat rasa kepemilikan hingga percaya diri di hidup Anda.

5. Meditasi 

Tidak hanya mampu untuk mengurangsi stres Anda dari kehidupan sehari-hari, Meditasi faktanya juga dapat mencegah sakit dalam jangka panjang. Selain itu, manfaat dari meditasi ialah dapat menurunkan tekanan darah dan memperkuat ingatan Anda. Direkomendasikan untuk dapat meditasi setidaknya 2 kali sehari yakni 15 hingga 20 menit per meditasi.